Dedikasi Terapkan Prinsip Keberlanjutan, Program ASIAP Elnusa Petrofin Raih Local Corporate Sustainability Program Of The Year Pada Sustainable Marketing Excellence Award 2024

Penerapan prinsip keberlanjutan pada sebuah Perusahaan turut berperan penting pada keberlanjutan usaha. ESG (Environmental, Social, Governance) yang didukung oleh 17 prinsip Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan prinsip keberlanjutan yang umum diterapkan oleh Perusahaan. PT Elnusa Petrofin, anak usaha PT Elnusa Tbk kembali berhasil membuktikan konsistensi penerapan prinsip keberlanjutan tersebut dengan meraih penghargaan sebagai Local Corporate Sustainability Program of The Year pada ajang Sustainable Marketing Excellence Award 2024 yang diselenggarakan oleh salah satu leading media bisnis di Indonesia, Marketeers, di Jakarta pada (3/7) lalu.

Berpedoman pada konsep Marketing 3.0 dan prinsip ESG, Marketeers menggelar Sustainable Marketing Excellence Award 2024 untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang berhasil menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam strategi bisnis mereka. Ajang penghargaan ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2023, dan pada tahun ini Marketeers kembali menyelenggarakan Sustainable Marketing Excellence Award untuk menegaskan pentingnya integrasi keberlanjutan dalam operasi bisnis.

Program CSR yang bernama ASIAP “Armada Transportasi Sampah Desa Sapa Raya” selaras dengan lima kriteria penilaian yang diberikan yaitu Pertama, Program Creativity atau keunikan program pemasaran berkelanjutan dibanding program sejenis. Kedua, Business Model Alignment atau kesesuaian program pemasaran berkelanjutan dengan bisnis yang digeluti. Ketiga, Implementation Reach atau jangkauan dampak program. Keempat, Social/Environmental/Economic Impact atau dampak program secara sosial, lingkungan, atau ekonomi. Kelima, Implementation Sustainability atau keberlanjutan dan konsistensi program dalam jangka panjang.

Manager Corporate Communication & Relations, Putiarsa Bagus Wibowo mengungkapkan apresiasinya kepada pihak Sustainable Marketing Excellence 2024 atas penghargaan yang berhasil diraih. Beliau menambahkan, program ASIAP merupakan program unggulan PT Elnusa Petrofin yang yang sudah memiliki dampak nyata pada masyarakat di Desa Sapa, Kec. Tenga, Minahasa Selatan sebagai wilayah Ring 1 operasi EPN yakni Depot LPG Amurang yang terbukti telah mengurangi sampah 7,2 ton perbulan.

“Program ini menyelesaikan permasalahan sampah masyarakat yang sudah terjadi bertahun-tahun, dan bahkan saat ini impact yang dirasakan bukan hanya dari segi lingkungan namun juga dari ekonomi. Dari aktivitas kegiatan, kelompok Masyarakat memperoleh profit ekonomi senilai 33,6 jt/tahun dari hasil retribusi sampah, jasa angkutan dan produk recycle sampah.”ujar Putiarsa.

Melalui kegiatan ini, Putiarsa menuturkan EPN akan terus berupaya menerapkan konsep keberlanjutan pada core bisnisnya sebagai bentuk kontribusi pada pembangunan yang berkelanjutan dan kesejahteraan Masyarakat melalui implementasi CSR dan penerapan prinsip-prinsip ESG (Environmental, Social, Governance) di lingkungan perusahaan. “Diharapkan kedepannya makin luas jangkauan penerima manfaat yang bisa merasakan impact positif dari program CSR ini di berbagai daerah di Indonesia.” tutupnya.

Sementara itu, Marthani selaku Chief Operating Officer Marketeers mengungkapkan pada pembukaanya di acara Marketeers Sustainable Marketing Excellence Award 2024 di CGV Grand Indonesia bahwa perusahaan telah menerapkan Prinsip keberlanjutan/ESG dan Sustainable Development Goals (SDGs) untuk pertumbuhan berkelanjutan. Tujuan-tujuan tersebut terangkum dalam lima prinsip atau 5P, yakni People, Prosperity, Planet, Peace, dan Partnership.

Selain sudah menjadi kesadaran global, keberlanjutan di era sekarang sudah menjadi new competitive advantage. “Para investor saat ini mencari perusahaan-perusahaan yang performa tinggi dalam keberlanjutan. Sementara, keberlanjutan juga menjadi kesadaran masyarakat meskipun masih ada gap antara niat dan tindakan,” ujar Martha.